Makassar — (CompleteNews.Id).
Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Makassar, terus memperkuat ‘City Branding’ serta menggenjot kegiatan MICE, sejalan dengan visi Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto, untuk mengembangkan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif.
Kepala Dispar Kota Makassar, Muhammad Roem mengatakan. Dispar Makassar terus berupaya memperkuat City Branding ‘Makassar Kota Makan Enak’ yang digagas Walikota Makassar Ramdhan Pomanto.
“Kami memperkuat branding Makassar Kota Makan Enak dengan berbagai program, pelatihan dan promosi yang melibatkan para pelaku UMKM dan ekonomi kreatif di Kota Makassar,” jelasnya di Kantor Dispar Makassar. Senin (15/7/24).
Selanjutnya, branding ‘Makassar Kota Makan Enak’ terbukti sukses, dengan peningkatan kunjungan wisatawan nusantara sebesar 42%, pada tahun 2023 dan mendapat apresiasi dari Kemenparekraf, sebagai kota kreatif dalam subsektor kuliner pada tahun 2023.
Roem juga menyatakan bahwa. Dispar memperkuat City Branding ‘Festival Tepian Air’ dengan menyelenggarakan berbagai festival di kawasan Pantai Losari, yang menjadi ikon Kota Makassar.
Roem menyebutkan pada tahun 2024, sebanyak 100 festival tercatat dalam Calendar of Event (COE) Kota Makassar. Di antaranya, 90 acara seni dan budaya, 10 acara besar.
“Dari ratusan event tersebut, 1 top event yakni Makassar International Eight Festival & Forum atau Makassar F8, yang rencananya bakal digelar pada 24-28 Juli 2024,” tambahnya.
Selain itu, Roem menjelaskan. Dispar juga aktif dalam mengembangkan potensi Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) di Kota Makassar, dengan menyelenggarakan acara MICE tingkat nasional, dan internasional setiap bulannya.
Untuk mendukung program ini, Roem mengatakan. Dispar berkolaborasi dengan para pelaku industri, untuk meningkatkan reputasi Kota Makassar, sebagai tujuan MICE yang unggul.
“Kami melakukan penjualan langsung di lima kota di Indonesia, untuk menarik lebih banyak wisatawan, dengan melibatkan 150 industri perhotelan. Agen perjalanan, dan operator tur di Makassar,” tambah Roem.
Menurutnya, penguatan City Branding dan optimalisasi MICE di Makassar, telah memberikan kontribusi signifikan, terhadap pertumbuhan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Kota Makassar.
“Dengan berbagai upaya ini diharapkan dapat terus memberikan dampak positif, bagi pertumbuhan ekonomi lokal, serta memperkuat posisi Makassar yang semakin mendunia,” tandas Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Muhammad Roem. (*/km).