12 C
New York
Rabu, Februari 28, 2024

Buy now

spot_img

Penjabat Gubernur Saat Panen Cabe Wajo: Seluruh Daerah Indonesia Terkena Inflasi Gegara Cabe Disini Justru Panen

Wajo — (CompleteNews.Id).

Penjabat Guberbur Sulasel Dr. Bahtiar Baharuddin, M.Si. bersama Bupati Wajo Amran Mahmud dan petani di Kabupaten Wajo panen raya Cabe.

Panen Raya Cabe itu berlangsung di Desa Loa, Kecamatan Tana Sitolo, Kabupaten Wajo. Sabtu (3/11/23).

Panen Raya Cabe itu juga diikuti beberapa Anggota DPRD Provinsi Sulsel diantaranya; Andi Ansari Mangkona, Andi Nurhayati, Henny Latif bersama rombongan.

Para petani didaerah itu memanfaatkan air sungai, sabagai sumber air untuk tanaman cabe. Dan hasil panen para petani dikirim ke pasar induk Jakarta, bahkan sampai luar negeri.

Pj Gubernur Provinsi Sulsel dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa, sabelum sampai di Desa Loa Kecamatan Tana Sitolo. Dieinya dan seluruh rombongan menanam pisang cavendish, cabe dan nanas di lingkungan Watang Macanang, Desa Macanang Kecamatan Majauleng, Kabupaten Wajo.

“Saya sebagai Penjabat Gubernur Sulsel, ada Pak Bupati, didampingi langsung anggota DPRD Provinsi Sulsel ada ibu Andi Nurhidayati, ada Henny Latif dan Pak Andi Ansari Mangkona,” lanjutnya

“Jadi kami sama-sama hadir di sini. Jadi rangkaian kegiatan satu ke pesantren As’diayah pesantren terbesar di Indonesia Timur sejak tahun 1930,” ucap Penjabat Gubernur.

“Di pesantren itu juga kami akan dukung kawasan peternakan dan pertanian, terutama budidaya pisang, terus mungkin nangka, nanas dan lain-lainnya,” ungkaonya.

Dalam kesempata itu Penjabat Gubernur mengaku sangat senang, karena sore ini disuguhkan dengan panen cebe yang sungguh luar biasa, yang ada di Kabupaten Wajo, memanfaatkan sungai di sekitar sini.

“Jadi Pak Bupati kita ini kreatif, dua minggu yang lalu saya ketemu sama beliau, kami ini masih ada air di sungai-sungai yang ada di Wajo,” katanya. Ini sudah terbukti, masyarakat sukses memanfaatkan lahan untuk menanam cabe.

“Di saat seluruh daerah di Indonesia terkenal inflasi gara-gara cabe, di sini justru panen begitu ini luar biasa Pak Bupati kita,” lanjutnya.

“Bahkan cabe ini di kirim ke Jawa. Bahkan saya dengar laporan Pak Bupati dan Kepala Dinas Pertanian, di kirim pakai pesawat di pasar induk Jakarta,” tandas Penjabat Gubernur Sulsel, Dr. Bahtiar Baharuddin, M.Si.

Dikesempata yang sama Kapala Desa Loa, Sumardi mengaku, masyarakat setempat memang gemar menanam cabe, sebagai salah satu aktivitas pertanian wajib usai menanam padi.

“Saya sendiri sebagai petani. Jadi warga memang sudah cinta akan tanaman cabe, dia tidak menganggap dirinya berkebun kalau tidak menanam cabe. Jadi masyarakat ini tanpa disampaikan dia akan menanam sendiri. Ini adalah swadaya masyarakat,” pungkasnya. (*/sp).

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles