28.6 C
New York
Selasa, Juli 16, 2024

Buy now

spot_img

Pj. Sekda Sulsel Andi Darmawan: Peran Notaris Sebagai Jaminan Kepastian Hukum Bagi Masyarakat Termasuk Investor

Makassar — (CompleteNews.Id).

Penjabat Sekertaris Daerah Provinsi Sulsel Andi Darmawan Bintang, membuka Seminar Penguatan Peran Notaris Dalam Kelangsungan Usaha Melalui Edukasi Kepailitan Perseroan dan Badan Usaha.

Seminar Penguatan Peran Notaris itu, berlangsung di Hotel Four Point Makassar. Sabtu (3/6/23).

Pj. Sekda Sulsel Andi Darmawan dalam sambutannya mengatakan. Perekonomian Indonesia perlu di topang adanya dunia usaha, baik dalam skala mikro kecil, menengah, hingga investasi asing.

“Sulsel sebagai wilayah potensial dalam pengembangan dunia usaha menganggap vital peran stakeholder termasuk notaris untuk menjamin kepastian hukum dan legalitas untuk mendukung iklim usaha,” katanya.

Srkda Sulsel itu mengungkapkan. Pemerintah telah memberikan beberapa kemudahan fasilitas bagi penanam modal di Indonesia. Salah satunya adalah menjamin kepastian hukum bagi investor melalui Undang-undang Nomor 25 tahun 2007, tentang penanaman modal.

Pemprov Sulsel telah melaksanakan berbagai program, untuk menjamin kemudahan dan kepastian bagi pelaku usaha, dengan menjamin transparansi, penyederhanaan aturan dan birokrasi yang selama ini menghambat kemudahan wirausaha.

“Salah satu langkah yang ditempuh pemerintah Sulawesi Selatan dengan melibatkan para notaris. Peran notaris sebagai salah satu praktisi hukum yang diberikan kepercayaan dan diamanatkan oleh negara Republik Indonesia, untuk membuat akta otentik sebagai jaminan kepastian hukum, bagi masyarakat termasuk investor,” lanjut Sekda.

Peran ini tentunya sangat vital, dalam mendukung iklim kemudahan dunia usaha. Pemerintah Provinsi Sulsel sebagai perpanjangan dari pemerintah pusat, mengharapkan berbagai regulasi kenotariatan, berkaitan dengan dunia usaha dan investasi dapat memaksimalkan pembangunan daerah.

“Melalui dinas penanaman modal pelayanan terpadu satu atap Provinsi Sulawesi Selatan, kami telah meluncurkan Mal Pelayanan Publik diberbagai kabupaten,” ungkap Sekda.

Pj. Sekda Sulsel juga kataķan. Kehadiran Mal Pelayanan Publik, untuk memfasilitasi seluruh pelaku usaha dan seluruh lapisan masyarakat, termasuk mendorong fasilitas UMKM untuk terus tumbuh semakin kuat dan memberikan kemudahan penerbitan izin. Melalui Online Single Submission atau OSS berbasis resiko, disamping melalui penyaluran kredit usaha, yang disalurkan oleh Pemerintah.

“Dukungan terhadap dunia usaha di Sulawesi Selatan, kami wujudkan melalui pembangunan infrastruktur diberbagai daerah, memiliki dampak pada peningkatan perekonomian daerah maupun nasional,” ungkap Sekda.

Hal ini sangst penting karena pembangunan infrastruktur dapat meningkatkan ketahanan pangan, mengurangi kesenjangan Wilayah dan perbaikan lingkungan permukiman dan kawasan, serta mendorong pertumbuhan investasi dan kemudahan mobilitas barang dan jasa, serta mendukung perwujudan Good Governance, dalam penyelenggaraan pemerintahan berdasarkan UU nomor 23 tahun 2014.

“Melalui seminar ini kami mengharapkan kepada seluruh peserta, dapat memaksimalkan peran kita dalam menerapkan prosedur, untuk mendukung pembangunan daerah melalui penguatan dunia usaha,” terangnya.

Pj. Sekda men ambahkan. Dengan tumbuhnya kembali perekonomian daerah ini, akan mendorong iklim usaha dan mendorong pembangunan Daerah ini dengan lebih baik lagi.

“Kita harapkan dengan terciptanya usaha yang lebih baik, tentu peran notaris dalam hal ini baik untuk perkembangan usaha maupun dalam hal terjadinya mis resiko, dari pelaku usaha itu bisa direduksi,” tandas Pj. Sekda Prov. Sulsel, Andi Darmawan Bintang. (*/hsp).

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles