28.6 C
New York
Selasa, Juli 16, 2024

Buy now

spot_img

Walikota Ramdhan Pomato Didampingi Kadis Kesehatan Kota Makassar Luncurkan 47 Armada Dottoro’ta Meningkatkan Layanan Kesehatan

Makassar — (CompleteNews.Id).

Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Kesehatan kembali mengambil langkah inovatif, untuk meningkatkan akses layanan kesehatan bagi masyarakat.

Dalam hal ini. Dinas Kesehatan meluncurkan Armada mobil Dottoro’ta, untuk memberikan pelayanan kesehatan, yang lebih maksimal kepada warga Kota Makassar.

Peluncuran mobil ini diresmikan langsung oleh Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto didampingi Kepala Dinas Kesehatan, Nursaidah Sirajuddin di Anjungan Pantai Losari Makassar. Selasa (10/10/23).

Armada mobil Dottoro’ta adalah sebuah inisiatif revolusioner, yang menghadirkan layanan kesehatan langsung ke rumah-rumah warga.

Layanan ini juga merupakan bentuk maksimalisasi layanan home care, yang sudah ada sebelumnya.

“Di Puskesmas saat ini ada 2 mobil, yaitu Ambulans dan Dottoro’ta. Ini adalah armada versi baru. Mobil Dottoro’ta inilah yang akan turun jemput bola ke masyarakat, sesuai inovasi Walikota terkait pelayanan 24 jam ke rumah,” ungkap Kadis Kesehatan.

Salah satu tujuan utama program ini adalah, untuk meningkatkan aksesibilitas layanan kesehatan, terutama bagi warga yang mungkin sulit untuk datang ke fasilitas kesehatan tingkat pertama atau Puskesmas.

Dengan armada Dottoro’ta, dokter dan perawat yang terampil dapat mengunjungi pasien di rumah mereka, memberikan diagnosis, perawatan dan bahkan melakukan tindakan medis sederhana jika diperlukan.

“Setiap Puskesmas akan membentuk tim sendiri. Jumlah timnya bergantung pada kesiapan SDM dan luasan area yang dicover. Setiap tim, terdiri atas 3 orang, yaitu dokter, perawat, dan sopir,” jelasnya.

Armada ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa peralatan medis seperti EKG mobile, infus, oksigen, hingga monitor tablet yang menampilkan maps, untuk mempercepat akses ke masyarakat yang membutuhkan layanan.

Ada 47 unit armada Dottoro’ta yang diluncurkan. Masing-masing armada akan disiagakan di 47 Puskesmas yang ada di Kota Makassar. Armada yang digunakan sendiri adalah mobil listrik.

“Konsep mobilnya sendiri yang agak kecil agar bisa menjangkau lorong-lorong di Makassar dan juga ramah lingkungan karena berbahan bakar listrik, sesuai instruksi presiden,” tandas Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, dr. Nursaidah Sirajuddin.

Hadirnya armada Dottoro’ta ini menunjukkan bahwa Dinas Kesehatan Kota Makassar memiliki visi yang kuat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui pelayanan kesehatan yang inovatif dan inklusif.

Program Dottoro’ta adalah langkah nyata dalam mencapai tujuan tersebut, dan diharapkan akan menjadi model bagi kota-kota lain di Indonesia, untuk menghadirkan layanan kesehatan yang lebih dekat dengan masyarakat. (*/km).

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles